Sejarah Blog

Sejarah Blog bisa jadi telah setua sejarah internet itu sendiri, sebuah sumber mengatakan bahwa situs web yang pertama kali ada merupakan blog yang pertama juga


Situs Web tersebut adalah http://info.cern.ch/, sebuah situs yang dibuat oleh Tim Berners-Lee di CERN. Isi web tersebut saat pertama kali online dapat dilihat di http://www.w3.org/History/19921103-hypertext/ hypertext/WWW/News/9201.html. Sumber yang lain mengatakan bahwa kemungkinan besar adalah halaman “What’s New” pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape atau mozilla firefox.

Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Sebelum akhirnya menjadi seperti sekarang, Dahulu bermunculan orang-orang yang sering melakukan pencatatan kegiatan mereka di web. Catatan tersebut dikenal dengan nama Online Diary atau Online Journal dan hal ini di publikasikan di situs mereka. Penulis Online ini dikenal juga dengan istilah Diaris dan terkadang disebut Escribisionist. Mereka-mereka ini saling berkenalan dan membentuk Webring berisi online diary mereka. Dari komunitas para diarist inilah akhirnya Blog berkembang menjadi seperti sekarang ini.

Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya.
Pada akhirnya, karena perkembangan Blog itu sendiri yang makin maju sehingga Blog semakin mudah dan praktis digunakan serta minat orang kepada Blog semakin tinggi. 
 
Jangan Lupa Main Juga ke Bisnis Online 


3 Responses to "Sejarah Blog"

Anonymous said...

tulisannya kurang banyak ;))

Yahoo US News said...

The beauty of these blogging engines and CMS platforms is the lack of limitations and ease of manipulation that allows developers to implement rich content and 'skin' the site in such a way that with very little effort one would never notice what it is making the site tick all without limiting content and effectiveness.

Tutorial Vivo said...

sudah saya ketahui